Home » Berita » 168 Dokter Kecil di Sawangan Ikuti Pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah

168 Dokter Kecil di Sawangan Ikuti Pelatihan Usaha Kesehatan Sekolah

dokcil1Dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan serta membentuk perilaku hidup bersih dan sehat, Pengurus Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dan Dokter Kecil Kecamatan Sawangan menggelar pelatihan untuk 168 Dokter Kecil (Dokcil) , di SDIT Attoyibah, Depok, Senin (16/12).

Dibuka oleh Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Sawangan,Ebeng Djayadi, pelatihan ini akan diselenggarakan selama dua hari yakni mulai Senin (16/12) hingga Selasa (17/12). Pelatihan tidak hanya dilakukan kepada para Dokcil saja, tetapi juga para guru UKS dari 32 SD dan MI.

Program UKS dan Dokter Kecil ini terkait oleh Undang-Undang (UU) No. 23 Tahun 1992 tentang kesehatan sekolah yang diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat siswa sehingga siswa belajar, tumbuh dan berkembang secara harmonis dan optimal menjadi sumber daya yang lebih berkualitas.

Ketua Panitia Pelatihan UKS dan Dokter Kecil Tingkat Kecamatan Sawangan, Mujtaba Iskandar mengatakan, tujuan dari pelatihan ini yakni memberi bekal pengetahuan dan keterampilan kepada para Dokcil dan guru UKS di SD se-Kecamatan Sawangan.

“Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik serta dapat memberi teladan perilaku sehat kepada teman-teman di sekolahnya masing-masing sehingga nantinya akan tercipta lingkungan sekolah yang sehat,” ucap Mujtaba.

Mujtaba menjelaskan, penyampaian materi dalam pelatihan ini dilakukan oleh para dokter puskesmas dari beberapa daerah di Sawangan, antara lain dokter puskesmas Sawangan, Pasir putih, Pengasinan, Kedaung dan Cinangka.

“Materi pelatihannya yaitu tugas dan kewajiban dokcil, obat dan pengobatan sekolah, kebersihan dan kesehatan pribadi, kebersihan gigi dan mulut, kebersihan dan kesehatan lingkungan sekolah, warung sekolah dan dasar-dasar P3K,” jelas Mutjaba yang juga sebagai pengurus PMI Kota Depok.

Ia berharap, dengan adanya pelatihan ini para peserta didik dapat memiliki pengetahuan, kemampuan mengenai pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lilngkungan sekolah sehat.

“Kedepannya, para peserta didik dapat berperan sebagai promotor serta motivator dalam kegiatan UKS dan Dokcil, sehingga dapat melaksanakan program Trian Usaha Kesehatan Sekolah (Trias UKS) di sekolahnya masing-masing,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*