Home » Berita » Peace Poster Contest: Ajarkan Perdamaian Sejak Dini

Peace Poster Contest: Ajarkan Perdamaian Sejak Dini

Dengan menggunakan seragam pramuka, sebanyak 500 siswa dari beberapa Sekolah Dasar di Cimanggis mengikuti Peace Poster Contest yang diadakan di Margo City, Depok, Sabtu (26/10). Perlombaan ini diadakan oleh Lions Clubs International yang bekerjasama dengan UPT Cimanggis, dalam rangka menanamkan perdamaian pada anak sejak dini.

Kepala UPT Cimanggis, Ues Suryadi mengungkapkan, kegiatan ini adalah salah satu upaya kami para pendidik dalam mengembangkan karakter yang positif bagi para siswa. Diharapkan kedepannya siswa dapat menumbuhkan sikap toleransi beragama dan saling hormat menghormati.

“Dengan adanya kegiatan yang menyenangkan seperti perlombaan ini, secara tidak langsung siswa belajar apa itu perdamaian, tanpa harus duduk manis di kelasnya. Selain itu dengan menggunakan seragam pramuka, kami pun ikut berkontribusi dalam menghidupkan kembali dunia pramuka, yang sekarang mulai dilupakan,” ujar Ues.

peacekontes1

peacekontes2

peacekontes3

Peace Poster Contest ini sendiri diadakan di 207 Negara di dunia dan diselenggarakan rutin setiap bulan Oktober. Juara wilayah akan disaring sampai tingkat Nasional, lalu disandingkan dengan juara dari tiap Negara. Bagi juara Internasional akan mendapatkan US 2.500 dan ditemukan oleh Sekjen PBB.

Perwakilan dari Lions Clubs International Jakarta, Haryanto menjelaskan perlombaan ini hanya boleh diikuti oleh siswa yang berusia 11 sampai 13 tahun. “Menurut survey, ingatan anak-anak usia 11 sampai 13 tidak akan lupa, maka dirasa pas jika mengajarkan anak mengenai perdamaian, diharapkan kedepannya saat mereka dewasa, mereka akan mengingat terus tentang perdamaian,” jelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*