Home » Layanan » Pendidikan Inklusi » Pelatihan Guru Inklusif: Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

Pelatihan Guru Inklusif: Tingkatkan Kualitas Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus

abkMelihat perkembangan jumlah sekolah inklusif yang semakin meningkat, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok bekerjasama dengan PT. Matahari Edukasi Indonesia mengadakan pelatihan guru inklusif, Rabu (30/10) di SMA Negeri 1, Depok.

Khusus di wilayah Depok sendiri, terdata 80 sekolah inklusif pada semua jenjang, baik itu TK, SD, SMP, SMA dan SMK. Dengan melihat perkembangan itulah, Disdik merasa perlu untuk mengadakan pelatihan ini, demi menunjang pelayanan terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Selain itu, sebagian besar sekolah yang ada di Depok pun belum memiliki guru yang mempunyai latar belakang pendidikan luar biasa.

Diikuti oleh 80 guru dari berbagai sekolah, pelatihan ini diisi oleh materi mengenai “Menjadi Manusia Berkarakter Holistik” yang dipimpin oleh Maghfiroh Yenny. Materi tersebut dimulai dengan penjelasan tentang bagaimana membentuk diri kita menjadi pribadi yang bersikap dan berprilaku menyeluruh, sempurna dan utuh dalam kehidupan keluarga dan bermasyarakat, dimulai dari mengenali siapa diri kita sebenarnya.

“Dengan mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya dan fungsi atau peranan kita, maka kita akan mengetahui siapa orang lain dan bagaimana memperlakukannya,” jelas Maghfiroh.

Materi selanjutnya dijelaskan mengenai hubungan antara karakter holistik dan pendidikan. Pada materi ini guru diminta untuk memahami bahwa setiap anak adalah cerdas, kepribadian tiap anak unik, tipe belajar setiap anak sifatnya personal, setiap anak memiliki empat bagian otak, ada yang dominan dan ada yang equal, lalu sesuaikan cara memperlakukan anak dengan tahap perkembangan anak.

“Diharapkan, dengan materi yang saya berikan ini, para guru dapat lebih mengerti dan memahami karakter anak didiknya, terlebih Anak Berkebutuhan Khusus,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*