Home » Layanan » DAPODIK » Data Pokok Pendidikan Menengah

Data Pokok Pendidikan Menengah

dapodikmenhomeMemulai tahun pelajaran Sistem Integrasi Pendataan Online (SIPO), Dikmen resmi meluncurkan DAPODIKMEN atau Data Pokok Pendidikan Menengah. Melalui pendataan online ini, data pendidikan BOS, BSM, RKB, USB serta sertifikasi guru diharapkan dapat tersalur dengan lebih baik, adil, terarah, tepat waktu dan tepat sasaran.

Program pendataan online ini ditargetkan akan efektif pada tahun 2014 mendatang. Saat ini, Direktorat Jendral Pendidikan Menengah (Dirjen Dikmen) tengah melakukan pelatihan kepada para operator SMA/SMK se-Indonesia.

“Pendataan online untuk Dikmen sebenarnya sudah dicanangkan dari tahun 2012, namun karena masih banyak sekolah yang kesulitan menjalankan program ini kami lakukan pelatihan pendataan kepada para operator sekolah se-Indonesia,” ujar Andi Purwanto, Fasilitator Pendataan Dirjen Dikmen saat memberi pelatihan di SMAN 2, Depok, Selasa (3/12) lalu.

Andi menuturkan, Dapodikmen ini bertujuan agar pendataan sekolah dilakukan satu pintu sehingga dapat mengatasi pendataan yang menumpuk di setiap sekolah. “Data itu dinamis dan bergerak, maka solusinya diadakan pendataan satu pintu. Melalui Dapodikmen inilah data akan didistribusikan,” tuturnya.

Secara teknis, Andi menjelaskan, pendataan online ini dibagi menjadi tiga unsur yakni Paket Aplikasi Sekolah (PAS), Service Interface (SI), dan Dapodikmen. Adapun urutan pengiriman data secara garis besar adalah sebagai berikut:

1. Pastikan sudah memiliki PAS: Aplikasi ini digunakan untuk meng-entri data individu sekolah. Data yang diisikan dalam program komputer ini meliputi data identitas sekolah, sarana/prasarana, individu guru dan individu murid.

2. Sekolah sudah memiliki NPSN atau Nomor Pokok Sekolah Nasional: NPSN ini digunakan sebagai kunci utama dalam database pendataan pendidikan menengah. NPSN diterbitkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP), oleh karena itu, semua sekolah jenjang pendidikan menengah wajib memiliki NSPN untuk melakukan pengisian data identitas sekolah.

3. Pastikan juga, memiliki SI atau Sevice Interface Integrator: SI adalah program komputer yang digunakan untuk “mengusung” data PAS dari komputer sekolah ke server Sistem Pendataan Online Pendidikan Menengah.

Untuk proses pengisiannya, yakni: Data individu sekolah di-entri di Paket Aplikasi Sekolah (PAS). Perlu diperhatikan bahwa pengisian data individu sekolah di PAS tidak membutuhkan internet. PAS dijalankan secara offline di sekolah masing-masing. Setelah seluruh data individu selesai di-entri, jalankan SI Integrator. Program SI Integrator memerlukan jaringan internet untuk proses sinkronisasi. Pastikan komputer terhubung dengan jaringan internet.

Semua aplikasi tersebut dapat diunduh di dapodikmen atau melalui situs: www.dikmen.kemdikbud.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*