Home » INFO UN » USBN Tingkat SD di Depok Berjalan Dengan Lancar

USBN Tingkat SD di Depok Berjalan Dengan Lancar

Hari ini hingga tiga hari kedepan, tingkat Sekolah Dasar (SD) melaksanakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Wakil Wali Kota Depok, Idris Abdul Shomad didampingi oleh Kepala UPT Pendidikan Kecamatan Pancoran Mas, Sukarjo memantau langsung pelaksanaan USBN di SDN Depok Jaya 1, 2 dan 7.

Menurut pantauan Idris, USBN berjalan dengan lancar, terlihat dari tidak adanya soal yang telat dan anak-anak pun terlihat sehat dan siap untuk ujian. “Ujiannya bagus, berjalan lancar. Soal-soal pun tidak mengalami keterlambatan dari provinsi,” tutur Idris, Senin (19/05).

Dijelaskannya, dalam USBN ini nantinya tidak ada siswa yang tidak lulus. Hal ini dikarenakan adanya program wajib belajar 9 tahun namun kelulusannya tetap harus diiringi dengan kompetensi. “Tidak ada yang tidak lulus, semua anak akan lulus karena mereka wajib belajar 9 tahun, kecuali bagi mereka yang tidak mengerjakan soal sama sekali. Mereka akan dibimbing hingga mampu menyelesaikan soal secara keseluruhan dengan sistem remedial,” jelas Idris.

Mengenai sistem remedial, Idris mengatakan, remedial dilakukan apabila siswa tidak dapat memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada setiap mata pelajaran yang diujikan, dalam hal ini mata pelajaran tersebut yaitu Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA.

“Remedial ditujukan kepada peserta didik untuk memperbaiki prestasi belajarnya sehingga mencapai kriteria ketuntasan yang ditetapkan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala SDN 7 Depok, Andarningsih mengatakan bahwa sudah banyak persiapa yang dilakukan menjelang USBN. Sehingga siswa tidak ada lagi yang tegang menghadapi ujian. “Alhamdulillah, kami sudah melatih siswa untuk mengerjakan soal-soal USBN tahun lalu, untuk satu minggu sebelum pelaksanaan kami bebaskan dari soal agar mereka tenang,” pungkas Andar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*