Home » Berita » Kelompok Belajar Paket A, B dan C Kecamatan Sawangan Telah diresmikan

Kelompok Belajar Paket A, B dan C Kecamatan Sawangan Telah diresmikan

UPT SAWANGANDemi meningkatkan kualitas pendidikan warganya, Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Pendidikan Kota Depok terus membuka pendaftaran belajar Kejar Paket A, B dan C. Kejar Paket ini ditujukan bagi warga yang belum memiliki ijazah SD, SMP dan SMA atau putus sekolah sehingga nantinya memperoleh ijazah yang diakui dan disetarakan untuk melamar pekerjaan.

Setelah sebelumnya membuka Kelompok Belajar (Pokjar) di Kecamatan Cimanggis, Tapos, hingga Cipayung, Senin (15/9) lalu, Pemkot Depok bersama UPT Pendidikan Kecamatan Sawangan telah meresmikan Pokjar Paket ini di SDN 02 Sawangan.

“Kini peserta Pokjar Paket A, B dan C akan melaksanakan proses belajar mengajar di SDN 02 Sawangan. Saat ini jumlah peserta mencapai 68 orang. Namun, bagi warga sawangan yang ingin mendaftar, kami masih membuka pendaftaran sampai akhir Bulan Oktober mendatang,” jelas Kepala SDN 02 Sawangan, Iyar Sukarna.

Dirinya mengatakan, seluruh proses kejar paket yang dilaksanakan tidak dipungut biaya sama sekali. “Seluruh peserta mengikuti kejar paket ini gratis, selain biaya gratis Kami juga akan memberikan buku paket, tas sekolah, alat tulis, buku tulis secara cuma-cuma pada seluruh peserta,” kata pria yang masih aktif mengajar ini.

Untuk mengikuti program kejar paket ini para calon peserta diminta untuk melampirkan foto kopi ijazah SD bagi yang mengikuti kejar paket B, foto kopi ijazah SMP untuk yang mengikuti kejar paket C, serta mengisi formulir pendaftaran.

Sementara itu, Eka Santika, salah satu calon pengajar kejar paket C mempunyai strategi sendiri dalam menerapkan metode pengajaran yang akan diberikan nanti. “Rencananya Saya akan melakukan pendekatan konseling dalam mengajar siswa kejar paket,” tutur ibu guru kelas 6 ini.

Dengan adanya program ini, warga yang belum mempunyai ijazah SD, SMP, dan SMA bisa mengikuti dan mendaftar dengan segera agar Kecamatan Sawangan bebas dari putus sekolah.

Comments

  1. MUDRIKA says:

    maaf saya atas nama mudrika . merasa pendidikan saya yang tertunda ..ingin sekali melanjutkan ..sekolah kerjar paket A .DAN minta di bantu .apa aja persarataannya

    1. Dinas Pendidikan says:

      Persyaratan untuk Kejar Paket A
      1. Foto copy Akte Kelahiran
      2. Foto copy Kartu Keluarga
      3. Pas Photo 2×3 , 3×4 , 4×6 masing masing 6 lembar dengan background foto warna biru
      Semua berkas persyaratan diserahkan ke UPT. Pendidikan TK/SD Kecamatan setempat.

      1. desiani says:

        Kartu Keluarganya mesti kah domisilinya ditmpt yang mau kita sekolah? karena ART saya kartu keluarganya masih di kampungnya bukan domisili ditmpt saya di depok.

        terima kasih

        desiani

        1. DINAS Pendidikan KOTA DEPOK says:

          Selamat Pagi Ibu Desianai.

          Setiap yang bersekolah di Depok, bisa saja tidak memiliki KK Depok. Hanya untuk PPDB sekolah Negeri KTP/KK luar Depok dibatasi kuotanya.

          Terimakasih.

      2. yono says:

        Saya mau kerjar paket B ibu/bapak wilayah saya di gran depok city kalok mau daftar di mana ya trima kasih

        1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

          Selamat Siang.

          Silahkan daftar ke UPT Kecamatan masing- masing secara gratis.

          terimakasih

  2. Nadya says:

    Untuk pendaftaran kejar paket b dan c wilayah sekitar cimanggis mendaftarnya dimana ya dan untuk tahun ajaran yg baru paling lambat kapan bisa mendaftar?

    1. Dinas Pendidikan says:

      silahkan mendaftar ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Cimanggis.. Disarankan agar mendaftar dari sekarang, pendaftaran akan ditutup bulan Desember.. Terima kasih

  3. ayu says:

    masatamat belajar paket c berapa tuhun ya, pak/bu?

    1. Dinas Pendidikan says:

      3 (Tiga) Tahun

  4. Ella erma andhika says:

    Saya sudah mengikuti kejar paket c,saya ingin tau hasil kelulusan dan tentang info ijazahnyaa.

    1. Dinas Pendidikan says:

      untuk hasil kelulusan dan info mengenai ijazah dapat ditanyakan pada tempat awal mendaftar kejar paket .. Terima Kasih

  5. nira says:

    mohon info tempat daftar dan belajar untuk kejar paket c, saya tinggal di jalan KSU, tirtajaya, sukmajaya Depok,

    1. Dinas Pendidikan says:

      silahkan datang langsung ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Sukmajaya, di Jl. Kahayan.. Terima kasih

  6. mumun says:

    untuk pendaftaran paket c wilayah krukut tempat pendaftaran nya dimna ya, dan paling lambat pendaftaran tahun ajaran 2015/ 2016kapan yah.. sblm’a tks

    1. Dinas Pendidikan says:

      Silahkan datang langsung ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Limo Jl. H. Usman II No. 13 Kelurahan Meruyung
      Terima Kasih

  7. rachman says:

    Mohon infonya kejar paket c daerah parung yang terdekat dimana yaa, soalnya saya baru pindah kesinii TERIMAKASIH

    1. Dinas Pendidikan says:

      Silahkan daftar ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Sawangan Jl. Abdul Wahab .. Terima Kasih

  8. Lely Arifien says:

    Saya tinggal di Pangkalan Jati, Limo Cinere.
    Mau tanya, kalo mau daftar dan belajar untuk kejar paket C terdekat dimana ? Terims

    1. Dinas Pendidikan says:

      Silahkan daftar ke UPT. Pendidikan TK/ SD Kec. Cinere .. Terima Kasih

  9. hendra says:

    ibu/pak. saya mautanya sya mau ikut paket B,tinggal saya d cibubur, ada gk paket B yang dekat tempat tinggal saya.dan berapa lama saya ikut paket B itu pak/ibu

    1. Dinas Pendidikan says:

      Sesuai alamat yang tercantum di KTP, kalau alamat anda di Cibubur Kec. Cimanggis Depok, bisa langsung konfirmasi ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Cimanggis
      Terima Kasih

  10. guruh adi pratama says:

    Mau tanya pak .. Saya. Punya ijasah paket c tahun ini dari PKBM Bina Insani sawangan .. Saya mau melegalisir ijasah dimana ya pa ? [d̲̅i̲̅] dinas pendidikan apa [d̲̅i̲̅] pkbm tersebut ? Terimakasih

    1. Dinas Pendidikan says:

      di Dinas Pendidikan di Bidang PNFI, Gedung Dibaleka II Lantai 4, Walikota Depok
      Terima Kasih

  11. aepliany says:

    mohon info kejar paket c Domisili mampang Depok Di mana ya ?

    1. Dinas Pendidikan says:

      Konfirmasi langsung ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Pancoran Mas yang berlokasi di dekat Stasiun Depok Lama, bersebelahan dengan SDN Depok 2
      Terimakasih

  12. ida tri yuniasih says:

    Domisili saya di ciputat dekat gaplek klo sya mw ikut paket c hrus daftar kmna dan brpa biayanya.

    1. Dinas Pendidikan says:

      Silahkan datang langsung ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Bojongsari
      Terima Kasih

  13. Desy Ekawati S says:

    Maaf kalo pendaftaran paket C masih bisa kan kalo mau daftar sekarang, untuk persyaratan dan biayanya bagaimana ya?

    1. Dinas Pendidikan says:

      Masih bisa, sebelum Pertengahan Bulan Desember 2015, Persyaratan dan Biaya Silahkan datang langsung ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. berdasarkan Domisili
      Terima Kasih

  14. Mega says:

    mohon info untuk kejar paket C domisili beji depok (jl, arif rahman hakim) dimana ya..?,,

    jika ada mohon d infokan nomor yang bisa d hubungi…

    Thanks

    1. Dinas Pendidikan says:

      Silahkan datang langsung ke UPT. Pendidikan TK/SD Kec. Beji, dekat SDN Pondok Cina 1.

      1. dea says:

        maaf ini masih ada gak ya? kira2 pake biaya gak?

        1. vna says:

          kepada sdri Dea
          masih ada, silahkan datang langsung ke PKBM tersebut, atau bisa mengunjungi PKBM terdekat
          daftar PKBM dapat dilihat di link ini http://disdik.depok.go.id/?p=8441

  15. Any Puspita says:

    Saya tinggal di daerah kelapa dua depok, kalau mau ikut kejar paket c, bisa daftar dimana ya yang terdekat?

    1. alvina yudiantin says:

      kepada ibu Any Puspita
      salahkan datang ke PKBM terdekat
      data PKBM dapat dilihat di website

  16. Rut eplina says:

    Inh sya Rut sya mau sekolah paket B tpi
    Sya tdk tau dmna tmpat pendaftaran di Depok dan
    Mau tau aph sajah persyaratan ya ?

    1. vna says:

      kepada Sdri Rut
      silahkan untuk melihat data PKBM terdekat di link dibawah ini http://disdik.depok.go.id/?p=8441
      persayaratannya:
      1. ijasah terakhir
      2. foto copi raport
      3. pasfoto berwarna 2×3 3lmbr
      4. pasfoto berwarna 3×4 8lmbr

  17. NURYULIARNI says:

    ass…
    mau tanya donk pak/bu,klo untuk skolah paket c sekitar daerah citayam dimana ya?? tolong alamat lengkap nya, trimz

    1. vna says:

      silahkan cek link dibawah ini
      http://disdik.depok.go.id/?p=8441

  18. NURYULIARNI says:

    saya dlu sekolah smk tapi karna saya sakit dan dalam waktu lama sakitnya akhirnya saya memutuskan berhenti sekolah, dan sekarang saya sudah menikah dan punya anak 1 saya ingin sekali melanjutkan sekolah, dlu saya hanya sampai kelas 2 smk mau naik kelas 3 smk.

    tolong bantuan nya pak/bu…

    1. vna says:

      silahkan kunjungi PKBM terdekat untuk mendapatkan informasi lebih lengkap
      untuk alamat terdekat bisa dilihat di link ini http://disdik.depok.go.id/?p=8441

  19. Ira says:

    Anak sy sklh dijkt selatan skrng pindah rmh di pengasinan sawangan ingin ikut paket b dmn kira2 bs mendaftarnya…. thx

    1. vna says:

      kepada sdri Ira
      silahkan cek link dibawah ini untuk alamat PKBM terdekat
      http://disdik.depok.go.id/?p=8441

  20. Arif safrizal says:

    Saya mau menanyakan untu adik saya, untuk mengejar paket c, bisa daftar dmana ya. Saya beralamat jl. H adih n.26 pangkalan jati baru cinere-Depok.

    1. vna says:

      kepada sdr Arif
      silahkan cek link dibawah ini untuk alamat PKBM terdekat
      http://disdik.depok.go.id/?p=8441

  21. yusuf supandi says:

    Saya mau lajut sekolah yang tertinggal lama,bisa ga sy melanjutkan ke paket b dengan usia 29 thn

    1. vna says:

      kepada Bpk YUsuf
      sekolah kejar paket terbuka untuk segala usia

  22. aepliany says:

    mas / mba maaf untuk kejar paket c yg gratis di Depok di mana ya mohon infonya

    1. DINAS Pendidikan KOTA DEPOK says:

      Kepada aepliany,

      Semua paket C Gratis Di 11 UPT setiap kecamatan di kota Depok dan UPT SKB Kota Depok.
      Tetapi jika di PKB dan SWASTA kebanyakan berbayar.

      Terimakasih.

      1. Kika says:

        Maaf mba kalo mau ikut paket b gratis daerah ciracas ada ga?? Tapi ktp saya jakarta utara .

        1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

          Selamat Siang.

          Ciracas termasuk wilayah Jakarta Timur bukan wilayah Depok. Silahkan ditanyakan ke Setdin Pendidikan Jakarta Timur.

          Terimakasih

  23. Yth. Bapak/Ibu:
    Anak saya mengikuti sistem homeschooling semasa dia di kelas 4 dan 5 yang langsung diajar oleh saya. Saat ini dia mengikuti sekolah formal dan sudah mendapatkan NISN. Namun sekolah tempat dia belajar menyatakan anak saya belum bisa didaftarkan ikut UN tahun ini karena “dia belum memiliki rapor resmi untuk kelas 4 dan 5″nya. Padahal saya sudah menyerahkan rapor-rapor tersebut ke sekolah. Mohon bisa diberi jalan keluarnya supaya anak saya bisa mengikuti UN. Terima kasih banyak untuk bantuannya.

    1. DINAS Pendidikan KOTA DEPOK says:

      Selamat Pagi bu linda.

      Perihal perapotan anak homeschooling pihak dinas pendidikan sedang meramu ketentuan pemberian rapot homeshooling. Silahkan mengkonfimasi kepada kasi bidang pembinaan SD dilantai 4 gedung Baleka Depok. Terimakasih.

  24. Nurus Syahadatul says:

    mau tanya,, tetangga saya udah ikut blajar paket B tiap sabtu,, formulir dan lain2 jg uda diserahkan ke upt pancoran mas.. tp kata guru paket B nya bilang kl nama anak tsb ga terdaftar sbgai pserta ujian… itu knp yaa? pdhl dtg blajar trus tiap sabtu di SD mampang 3, dan waktu ada UTS kmrin ktanya ikutan tes jg…kira2 bsa diusahakan spy ada namanya gak yaa? soalnya sy ga paham… trims mhon infonya

    1. DINAS Pendidikan KOTA DEPOK says:

      Selamat Pagi ibu Nurus.

      Semua peserta ujian didata di UPT karena terdapat Operator di UPT masing-masing. Seharusnya semua UPT mendaftarkan peserta/ warga belajar yang telah memenuhi persyaratan untuk ujian. Silahkan ibu untuk mengkonfirmasi kepada UPT bersangkutan terkait persyaratan apa yang belum dipenuhi , misalnya selama ini ada peserta yang masih belajar selama 2 tahun sedangkan waktu yang disyaratkan untuk mengikuti tes adalah peserta minimal 3 tahun belajar. Atau persyaratan lain yang disyaratkan untuk mengikuti ujian.

      Terimakasih.

  25. Herni says:

    Selamat pagi…. Sy mw tanya nih.. Ank sy tahun ini usia 12th dia ptus sekolah d kelas 3 blm sempat dapat rapot k kelas 4..bisa g ikut kejar paket a? Kapan dan dimana ? Trs gmna cara ? Terima kasih…

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      Selamat pagi ibu hermin,
      Jika ibu ber-KTP Depok, maka Anak ibu bisa ikut paket A, untuk pendaftaran bisa di UPT / kecamatn masing – masing secara gratis (ada 11 UPT se-depok) atau di PKBM lain namun biasanya swasta berbayar.

  26. ima says:

    Selamat malam Disdik Depok. Bisa di informasikan link atau nama sekolah yang resmi dan terdaftar oleh Dinas Pendidikan untuk Paket B dan C? dan untuk menempuh Paket B dan C berapa lama? karena saya ingin mendaftarkan adik sepupu saya, yg domisilinya dari luar kota, apakah bisa? Terima kasih.

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      Selamat Pagi bu ima.

      Tempat belajar Paket B dan C berada di setiap kecamatan masing – masing yaitu pada UPT Disdik di 11 kecamatan se-kota Depok secara Gratis. Atau dapat juga di PKBM Di seluruh kota depok dengan berbayar/swasta.

      terimakasih.

  27. puput jukih says:

    Saya puput dari pengasinan sawangan . Saya dulu sekolah smk farmasi tapi saya berhenti dikelas 1 mau naik 2 . Sata pengen ikut paket c tolong bapak ibu dimana ya alamat lengkap sekolah paket c nya

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      selamat siang.

      Utk ikut UN Kesetaraan Paket C, warga belajar harus masuk datanya ke sistem Dapodik. Silakan daftarkan ke PKBM terdekat atau ke UPT Pendidikan di tiap kecamatan atau ke Disdik.

      Terimakasih.

  28. Gloria says:

    Apakah paket B dan C ini boleh diikuti oleh anak yang putus sekolah (atau belum menyelesaikan sampai 3 tahun SMP/SMA)? Apakah ada syarat tertentu untuk yang mendapatkan pembelajaran secara gratis? Kemudian apa saja syarat mengikuti kedua paket tersebut? Terima kasih

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      Selamat pagi.

      Untuk syarat Paket B dan C dapat ditanyakan kepada UPT di kecamatan masing-masing secara gratis.

      Terimakasih.

  29. Susana Wiradian says:

    saya berdomisili di rivaria.
    mau mengikuti kejar paket B
    Dimana bisa daftar yang terdekat?
    Dan jam belajar kapan ?

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      selamat pagi.
      Bisa daftar paket B di UPT Kecamatan masing-masing secara gratis. terimakasih.

  30. dede muhamad rian says:

    selamat siang, saya mau tanya
    saya dulu pernah skolah sd dan MTS, tpi di mts cuma sampe kelas 2. saya kau melanjutkan skolah lgi tpi ijazah sd nya hilang entah kemana dan ada perubahan nama di ktp, apa saya harus mengulang lgi dari paket a’?

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      Selamat Siang.
      Jika kehilangan Ijazah SD, silahkan laporkan ke kantor kepolisisan dan laporkan ke SD yang bersangkutan untuk dibuatkan surat keterangan yang diketahui Dinas Pendidikan setempat.

      Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*