Home » Layanan » DAPODIK » Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

Data Pokok Pendidikan (DAPODIK)

Data Pokok Pendidikan (Dapodik) adalah sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan merupakan sumber data utama pendidikan Nasional. Dapodik merupakan bagian dari program perencanaan pendidikan nasional dalam mewujudkan insan Indonesia yang Cerdas dan Kompetitif.

Untuk melaksanakan perencanaan pendidikan maupun untuk menjalankan program-program pendidikan secara tepat sasaran, dibutuhkan data yang cepat, lengkap, valid, akuntabel, dan terbaru. Ketersediaan data itulah diharapkan proses perencanaan, pelaksanaan, pelaporan dan evaluasi kinerja program-program pendidikan nasional dapat dilaksanakan dengan lebih terukur, efektif, efisien dan berkelanjutan.

Sehubungan dengan hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah mengembangkan suatu sistem pendataan skala nasional yang terpadu dan disebut dengan Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Pada tahun 2006 sampai dengan 2011, awalnya Dapodik dapat diakses melalui situs dapodik.org, namun untuk tahun 2012, Dapodik tidak tersedia di situs tersebut, karena berdasarkan surat edaran dari Kemdiknas No. 1980/P3/TP/2011 tanggal 14 September 2011, data NPSN dan NISN hanya dapat diakses melalui situs Kemdiknas.

Kini, sistem pendataan pokok pendidikan tersebut tidak lagi membiarkan banyak institusi meminta data ke sekolah. Pemerintah pusat meminta sekolah hanya menyerahkan data ke pemerintah pusat saja, melalui pendataan yang dikoordinir oleh Direktorat Jendral masing-masing jenjang. Jenjang tersebut yaitu jenjang pendidikan dasar oleh Ditjen Dikdas, sementara jenjang menengah oleh Ditjen Dikmen.

Keunggulan dari Dapodik sendiri yakni data tidak lagi berbeda-beda karena dikumpulkan dari satu pintu. Dinas Pendidikan pun tidak diperkenankan mengumpulkan data, tugasnya hanyalah sosialisasi dan membantu mendistribusikan aplikasi Dapodik kepada setiap sekolah. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya dualisme data.

Data-data yang masuk ke pusat adalah sumber untuk melakukan semua kegiatan yang dilakukan oleh pusat dan daerah yang terkait dengan pendidikan. Semua unit baik di Ditjen Dikmen ataupun Ditjen Dikdas diberi keleluasaan untuk mengakses Dapodik.

Unit di bawah Ditjen dimungkinkan memiliki server mirror dari sistem pendataan pendidikan. Kali ini, Dinas Pendidikan memiliki keleluasaan untuk mengelola data sekolah di server tersendiri dan dapat membagikannya kepada Dinas Pendidikan yang ada di Kota/Kabupaten.

Perbaikan dan kesempurnaan data terus diminta oleh Dirjen tiap-tiap jenjang pendidikan. Semua institusi sekolah diminta untuk mengirimkan data yang ada dan melengkapi data yang masih terdapat kekurangan.

Comments

  1. risyda says:

    asslmkm,, mohon infonya,, nama sy blm bisa masuk dapodik,, apakah msh ada harapan memasukan nama sy ke dapodik?

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      Waalikumussalam.

      Silahkan berkonsultasi dengan operator dapodik dinas pendidikan kota depok.

      terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*