Home » Layanan » DAPODIK » FAQ (TANYA JAWAB) SEPUTAR INPUT DATA PADA DAPODIK

FAQ (TANYA JAWAB) SEPUTAR INPUT DATA PADA DAPODIK

Dapodik

Berikut beberapa daftar pertanyaan dan jawaban yang kerap ditanyakan para guru saat memverifikasi data pada aplikasi Dapodik.

Pertanyaan: “Kenapa Data “Total JJM Sesuai” saya tidak sama dengan yang diinput via Dapodik?
Jawaban:

Data yang diambil menggunakan data input semester 1 per tahun ajaran baru.
Data JJM sendiri ada 3 jenis, yakni JJM (Inputan Sekolah), JJM KTSP (JJM terinput dengan batasan maksimal KTSP), dan JJM Sesuai/Linier (JJM yang dibatasi KTSP, yang sesuai dengan sertifikasinya).

Contoh perhitungan: Jika seorang Guru mengajar pelajaran Guru SD (kelas 1) diinput mengajar 30 jam, namun menurut KTSP 26 jam, maka JJMnya dianggap 26 jam jika sertifikasinya Guru SD. Tetapi jika belum sertifikasi atau sertifikasinya selain Guru SD, maka JJM liniernya dianggap 0.

Pertanyaan: “Tolong update data saya, berikut filenya (word/excel/backup aplikasi dapodik).”
Jawaban:
Mohon update data Anda langsung melalui Aplikasi Dapodik, jika Anda tidak mengerti dapat menghubungi Kepala Sekolah/Operator Dapodik Sekolah/KK Datadik Kab/Kota Anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru-guru lainnya.

Mengapa tidak dari Dinas Pendidikan saja yang mengupdate data tersebut?
Jika kami yang mengupdate data tersebut di sistem kami, maka data Anda nantinya akan tertimpa oleh data dari Dapodik. Sehingga mengakibatkan ketidakjelasan data Anda.

Pertanyaan: “Saya sudah input data kode sertifikasi, mengapa masih invalid di nomer 17?”
Jawaban:
Sesuai kebijakan, data sertifikasi kami ambil dari basis data Sertifikasi BPSDMP & PMP. Namun kode NUPTK Anda belum tercantum di basis data Sertifikasi yang ada pada kami (Dit.P2TK Dikdas). Kami akan mencoba mengupdate data, disaat yang sama Bapak/Ibu pun dapat menanyakan kepada yang bersangkutan.

Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya salah password”
Jawaban:
Isi password dengan format YYYYMMDD, contoh: jika tanggal lahir Anda 12 April 1963 maka passwordnya: 19630312. Jika masih salah, berarti data tanggal lahir Anda salah input di Dapodik. Seperti contoh ada angka yang terbalik, misal tanggal diatas menjadi 19631203 atau masih kosong dsb. Silakan cek kembali data Anda ke operator dapodik sekolah.

Pertanyaan: “Saya tidak bisa login katanya NUPTK tidak ditemukan” 
Jawaban:
Data dengan NUPTK tersebut kemungkinan belum masuk database, atau salah input. Mohon update data Anda melalui Aplikasi Dapodik. Hubungi kepala sekolah/operator aplikasi dapodik/KK Datadik Kab/Kota anda. Jika data telah dikirim, tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi Dapodik berhasil, data Anda akan dapat login dengan sendirinya.

Pertanyaan: “Jumlah Jam mengajar (JJM) saya kosong terus/salah”
Jawaban:
Data mengajar ada pada modul rombel di Aplikasi Pendataan, mohon update dahulu data tersebut. Khusus untuk Kepala Sekolah, diambil data jam tugas tambahan dari jabatan PTK di kolom jabatan. Untuk jabatan lainnya sementara ini kami ambil dari daftar PTK Terdaftar, yang muncul pada saat penambahan PTK di kolom tugas PTK.

Pertanyaan: “Saya sudah update data via dapodik tapi belum masuk di cek guru”
Jawaban:
Ada beberapa server dan proses yang dilalui oleh data sebelum masuk database PTK. Jika data telah dikirim, mohon tunggu beberapa waktu sampai proses transfer data selesai. Jika pengiriman data dari aplikasi dapodik berhasil, data di web akan berubah dalam beberapa waktu sebagaimana telah terjadi pada guru2 lainnya.

Pertanyaan: “Masa kerja saya masih salah, sehingga gaji pokok juga salah”
Jawaban:
Karena keterbatasan formulir Dapodik, data SK berkala dan data MKG tidak bisa kami dapatkan. Hal ini membuat kami menghitung dari TMT Pengangkatan atau TMT PNS. Tentu saja ini belum memperhitungkan faktor honorer/CPNS dll. ataupun sistem perhitungan masa kerja segaris. Ke depan kami akan bekerjasama dengan BKN sehingga dapat diperoleh data yang paling akurat.

Pertanyaan: “Point ke 8 dan 9 tidak valid, nama pangkat golongan dan TMT golongan kosong atau tidak sesuai.”

Jawaban:
Kemungkinan kesalahan pada pengisian data pangkat, golongan, jabatan fungsional, TMT awal-akhir. Cara memperbaiki yaitu isi pangkat golongan, jabatan fungsional, isi no. SK Inpassing untuk Non PNS.

Pertanyaan: “Point 10, tugas tambahan kosong, tetapi saya punya tugas tambahan.”
Jawaban:
Kemungkinan kesalahan pada pengisian data kolom jabatan, tugas tambahan guru, kolom riwayat terdaftar. Cara memperbaiki yaitu:
– Untuk guru dengan tugas tambahan Kepala Sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah.
– Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya.

Pertanyaan: “Point 17 tidak valid, ID bidang studi sertifikasinya kosong.”
Jawaban:

Kemungkinan kesalahan pada pengisian data nomor sertifikat pendidik, NRG, bidang studi sertifikasi, tahun sertifikasi. Cara memperbaiki yaitu cek kembali data tersebut terutama NRG (yang sudah memiliki NRG adalah peserta sertifikasi) Setelah itu cek kembali dioperator tunjangan Dinas kab/kota data sertifikasinya.

Pertanyaan: “Perhitungan JJM untuk Guru Bimbingan Konseling.”
Jawaban: 

Untuk aplikasi yang sekarang, guru BK memang belum memiliki ruang yang jelas, oleh karena itu untuk guru BK sementara ini masukan saja dulu kedalam rombel.
Rumusan JJMnya: jumlah siswa/150 x 24.
Misalkan dikelas 1A ada 30 siswa maka isi JJM untuk guru BK => 30/150 x 24 = 24/5 = 5 jam (5 jam dibulatkan ke atas).

Pertanyaan: “Perhitungan JJM untuk Guru Bahasa Inggris SD.”
Jawaban: 
Pada intinya Guru SD tidak ada mata pelajaran Bahasa Inggris pada KTSP, namun dikarenakan ada sertifikat dan kode yang mencantumkan guru SD silahkan saja, tetapi konteksnya adalah MULOK. Artinya, apabila ada mulok potensi daerah atau bahasa daerah semuanya harus berkorban. Perlu diinggat, untuk KTSP 1 2 3 Mulok masuk pada bagian tugas Guru Kelas di luar guru Agama dan Penjas yang jelas-jelas sudah diatur yaitu:
Sample SD Kelas 1 KTSP 26 + 4 (maks)
Guru Kelas = 24
Guru Agama = 2
Guru Penjas = 2
Mulok = 2

Pertanyaan: “Point 20 tidak valid, JJM kurang dari 24 jam.”
Jawaban:

Kemungkinan kesalahan pada pengisian Data Rombel, PTK mengajar, tugas tambahan guru, riwayat mengajar, riwayat terdaftar. Cara memperbaiki yaitu:
– Isi PTK mengajar pada data rombel sesuai dengan jumlah jam mengajar.
– Untuk guru dengan tugas tambahan Kepala Sekolah diisi pada kolom jabatan dan pada riwayat terdaftar diisi sebagai guru dan sebagai kepala sekolah.
– Untuk guru dengan tugas tambahan lainnya, diisi pada riwayat terdaftar sebagai guru dan juga isi jabatan tugas tambahan lainnya.

Pertanyaan: “Point 15, kenapa gaji pokok kosong untuk PNS.”
Jawaban:
Kemungkinan kesalahan pada pengisian data jabatan fungsional, pangkat, golongan, SK Awal, SK akhir, TMT awal-akhir, riwayat kepangkatan, riwayat gaji berkala. Cara memperbaiki yaitu cek kembali dan lengkapi data tersebut.

Pertanyaan: “Point 18, kenapa tahun untuk pensiun kosong atau sudah terlewati.”
Jawaban:

Kemungkinan kesalahan pada pengisian data tanggal lahir dan TMT. Cara memperbaiki yaitu isi tanggal lahir dengan benar.

Comments

  1. Ahmad Faruk says:

    Sekolah kami memiliki 1 orang tenaga pendidik PNS dari DEPAG dengan status DPK. Apakah data individunya harus dimasukan ke dalam DAPODIK atau tidak ?
    Terimakasih

    1. Dinas Pendidikan Kota Depok says:

      Selamat Pagi,

      Silahkan berkonsultasi secara langsung dengan Operator Dapodik Dinas Pendidikan Kota Depok.

      Terimakasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*