Home » Tentang Disdik » SOSIALISASI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) SMP

SOSIALISASI UJIAN NASIONAL BERBASIS KOMPUTER (UNBK) SMP

IMG-20170127-WA0028Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) adalah sistem pelaksanaan Ujian Nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujiannya. Dalam pelaksanaannya, UNBK berbeda dengan sistem Ujian Nasional Kertas Pensil (UNKP) yang selama ini sudah berjalan. Hari ini 27 Januari 2017, Dinas Pendidikan kota Depok mengadakan Sosialisasi UNBK  SMP yang bertempat di SMP N 3 Kota Depok.

Penyelenggaraan UNBK pertama kali dilaksanakan pada tahun 2014 secara online dan terbatas di SMP Indonesia Singapura dan SMP Indonesia Kuala Lumpur (SIKL). Hasil penyelenggaraan UNBK pada kedua sekolah tersebut cukup menggembirakan dan semakin mendorong untuk meningkatkan literasi siswa terhadap TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi). Selanjutnya secara bertahap pada tahun 2015 dilaksanakan rintisan UNBK dengan mengikutsertakan sebanyak 556 sekolah yang terdiri dari 42 SMP/MTs, 135 SMA/MA, dan 379 SMK di 29 Provinsi dan Luar Negeri.

Penyelenggaraan UNBK saat ini menggunakan sistem semi-online yaitu soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi) ke server lokal (sekolah), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal (sekolah) secara offline. Selanjutnya hasil ujian dikirim kembali dari server lokal (sekolah) ke server pusat secara online (upload).

Berikut beberapa manfaat UNBK dibandingkan dengan UNKP bagi Siswa dan Satuan Pendidikan Sekolah/Madrasah selengkapnya sebagai berikut :

1.Lebih kecil kemungkinan terjadi keterlambatan soal, tertukarnya soal, dan ketidakjelasan hasil cetak soal
2. Tidak ada kerumitan pengumpulan LJUN
3. Gambar menjadi lebih jelas
4. Lebih mengakomodasi siswa dengan ketunaan. Misalnya, untuk “low vision” tulisan dan gambar bisa diperbesar.
5. Hasil UN bisa diumumkan secara lebih cepat, sehingga siswa memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi atau untuk masuk ke dunia kerja
6. UN memungkinkan untuk dilakukan beberapa kali dalam setahun, sehingga siswa lebih singkat menunggu UN berikutnya
7. Memudahkan dalam pengamanan dan penyediaan logistik
8.Siswa memiliki waktu 30 menit lebih banyak dibanding UN Berbasis Kertas dan Pensil sehingga bisa digunakan untuk memeriksa ulang hasil pekerjaannya
Semoga dengan diadakan Sosiaslisasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ini, dapat tercipta  Sistem Pendidikan yang terintegritas, dan terpenuhinya Teknologi Informasi sebagai penunjang jalannya Pendidikan Nasional. (AI/)

IMG-20170127-WA0027

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*