Home » Tentang Disdik » KUNJUNGAN KEMENKUMHAM KE DINAS PENDIDIKAN KOTA DEPOK

KUNJUNGAN KEMENKUMHAM KE DINAS PENDIDIKAN KOTA DEPOK

WhatsApp Image 2017-03-07 at 2.06.49 PMHari selasa, 7 maret 2017, bertepat diruang sekretaris Dinas Pendidikan kota Depok, diadakan pertemuan antara Dinas Pendidikan yang diwakili dengan sekretaris Dinas Pendidikan Siti Chaerijah Aurijah, S.Pd.,MM dan pihak Kemenkumham yaitu dari Direktorat Penguatan dan Diseminasi Hak Asasi Manusia.

Kunjungan ini bertujuan untuk mensinergikan program dan kegiatan di Disdik atau Pemkot Depok kaitan dengan penguatan HAM baik utk peserta didik maupun guru. Kemenkumham menjelaskan Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan Mandat Konstitusional, dimana menyangkut : Pengakuan Negara atas HAM, Memandatkan Negara menjunjung tinggi Hak asasi dan kebebasan dasar manusia, Penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan dan pemenuhan HAM terutama menjadi tanggung jawab Pemerintah, Setiap orang dilahirkan bebas dengan harkat dan martabat yang sama dan sederajat, serta Setiap orang berhak atas perlindungan HAM tanpa diskriminasi. Kasus – kasus pelanggaran HAM seperti bullying, tawuran, dll  merupakan musuh besar pendidikan dan bertentangan dengan HAM. Sekretaris Dinas Pendidikan menjelaskan bahwa Pendidikan Karakter merupakan kunci yang sangat penting membangun peserta didik dalam menghormati dan menghargai Hak Asasi Manusia.

Selain itu, Sekretaris Dinas Pendidikan menjeleaskan bahwa Pemerintah Depok memiliki Program kota layak anak yang bersinergi dengan Dinas Pendidikan  melalui  penguatan pendidikan keluarga, pendidikan orangtua untuk memastikan bahwa setiap anak terjamin hak-haknya secara baik , karena HAM memang HAK konstitusi setiap individu dari sejak lahir.

Selain melakukan kunjungan, Direktorat Penguatan dan Diseminasi Hak Asasi Manusia juga memberikan sumbangan buku terkait HAM serta menyatakan kesediaanya untuk mendukung  Dinas Pendidikan Kota Depok dalam menciptakan program-program terkait  sosialisasi HAM. (AI/)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*