Home » Tentang Disdik » SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL!!

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL!!

Hari ini, 2 Mei 2018, Seluruh Insan Pendidikan Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas, Tak terkecuali bagi segenap Insan Pendidikan di Kota Depok. Hari Pendidikan Nasional merupakan hari yang sangat krusial bagi Dunia Pendidikan, sebab pada Hari ini merupakan momentum semua stakeholder pendidikan akan berkumpul dan semua elemen terkait dunia pendidikan mulai dari Pemerintah Kota Walikota Depok , Wakil Walikota Depok, Ketua DPRD Kota Depok, Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Seluruh Kepala OPD Di lingkungan pemerintah Kota Depok, Pengawas, Penilik, Kepala Sekolah, Guru-guru,  siswa – siswi,  organisasi PGRI Kota Depok, Dewan Pendidikan Kota Depok, Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Depok, serta Komite sekolah baik Negeri maupun Swasta serta seluruh Civitas Pendidikan lainnya akan terlibat di dalam Perayaan Hari Pendidikan Nasional. Dalam Semarak Hari Pendidikan Nasiona tahun 2018 ini, Tema  yang diusung adalah “Menguatkan pendidikan, Memajukan Kebudayaan”.

Tema ini diusung berdasarkan amanat Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003,  Bab I Pasal 1 ayat 2 , Bahwa Pendidikan Nasional adalah Pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, Sedangkan Kebudayaan Nasional merupakan akar pendidikan Nasional.

Acara Peringatan Hardiknas ini dimulai dengan Upacara Bendera Hardiknas tahun 2018 , yang dipimpin oleh Walikota Depok. KH. Dr. Mohamad Idris, MA. Setelah Pengucapan Pancasila dan Pembukaan UUD 45, Walikota Depok. KH. Dr. Mohamad Idris, MA memberikan pidato upacara Hari Pendidikan Nasional dihadapan seluruh peserta upacara. Dalam Sambutannya yang merupakan Representatif Pidato Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Idris mengungkapkan bahwa Hari Pendidikan Nasional Merupakan hari yang bersejarah sebab tidak terlepas dari Hari kelahiran Bapak Pendidikan Indonesia “Ki Hajar Dewantara”. Pandangan Pemikiran yang masih sangat relevan dan menjadi acuan dalam pendidikan di Indonesia yang merupakan sumbangan pemikiran Ki Hajar Dewantara yang sangat fenomenal seperti Panca Dharma, yaitu bahwa Pendidikan Perlu beralaskan lima dasar, yaitu kemerdekaan, kodrat Alam, Kebudayaan, Kebangsaan, dan Kemanusiaan, kemudian Pemikiran  Kon-3, yang berarti penyelenggaraan pendididkan harus berdasarkan asas kontinuitas, konvergensi, dan konsentris dalam arti proses pendidikan perlu berkelanjutan , terpadu dan berakar dibumi tempat dilangsungkannya proses pendidikan. Serta Pandangan terkait Tri-Pusat Pendidikan, yang merupakana pemikiran terkait pendidikan hendaklah berlangsung di tiga lingkunga, yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat yang saling berhubungan simbiotis dan tidak dapat dipisahkan merupakan pemikiran yang menjadi dasar pembangun Konsep Pendidikan di Indonesia.

Dalam Perayaan Hari Pendidikan Nasional tahun 2108 ini, terdapat suatu sejarah berharga yang sangat unik bagi Kota Depok, yaitu diadakannya Pemecahan rekor Muri Bertaraf Internasioanl dengan menghadirkan  1000 lebih anak-anak, guru dan budayawan kota Depok memakai baju Lengser dengan tema Aki Lengser.  Pemecahan Rekor Muri ini dilakukan langsung oleh Perwakilan Musium record Indonesia Kepada Walikota Depok sebagai suatu upaya melestarikan budaya Indonesia khususnya budaya Jawa Barat. Aki Lengser adalah “perwujudan” dan “perwakilan” dari Sang Prabu atau Raja yang turun menemui dan menyatu dengan rakyatnya. Kedudukan Ki Lengser sangat tinggi, berada di atas Patih dibawah Raja, tugas Ki Lengser yang disebut tadi sebagai Penasehat, Pendamping Raja, sangat menentukan tindakan Raja, tak jarang Ki Lengser “menyadarkan” tindakan Raja. Hal ini selaras dengan konsep Kependidikan oleh Ki Hajar Dewantara, yaitu  “Laku Telu “, dimana tiga peran yang dirumuskan dalam frasa Bahasa Jawa ” Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madyo Mangun Karso, Tut Wuri Handayani” yang artinya apabila didepan memberi teladan, apabila ditengah memberi ilham (inspirasi) dan apabila dibelakang memberikan dorongan. Ketiga peran tersebut dilaksanakan secara seksama dalam tampilan sosok pemimpin Pendidikan. Hal ini merupakan konsep Kepemimpinan  dalam dunia Pendidikan yang masih sangat relevan dan menginspirasi.

Dalam Upacara Hardiknas kali ini, Idris menyampaikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh insan pendidikan di kota Depok demi Kemajuan pendidikan kota Depok. Semoga semangat setiap insan Pendidikan dapat terus terjaga untuk memberikan ikhtiar  yang terbaik bagi Dunia Pendidikan Indonesia.

SELAMAT HARI PENDIDIKAN NASIONAL. JAYALAH PENDIDIKAN KOTA DEPOK, JAYALAH PENDIDIKAN INDONESIA! (AI/)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*