FORUM ORGANISASI PERANGKAT DAERAH (OPD) 2017

Published by Dinas Pendidikan Kota Depok on

WhatsApp Image 2017-02-16 at 10.08.36 AM

Pada tanggal 16 Februari 2017, pukul 08.00 wib bertepat di Graha Insan Cita -Baktijaya-Sukmajaya, diadakan Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) 2017 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan  Kota Depok. Acara ini Berkaitan dengan rangkaian penyelenggaraan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan ( Musrenbang) Tahun 2016 Tingkat kota Depok. Forum OPD ini dihadiri oleh Walikota Depok, KH.Dr.Muhammad Idris,M.A, Kepala OPD se-kota Depok, Camat se-kota Depok, dan para undangan lain yang terlibat langsung dalam musyawarah program kerja.

“Kepala Dinas Pendidikan, H.Mohamad Thamrin,S.Sos, MM  menyebutkan, Dinas Pendidikan sudah memiliki beberapa fokus program dan kegiatan yang akan dilakukan di tahun 2018 nanti, dari renja yang sudah kami rancang , kami masih memerlukan masukan dari stakeholder dan pihak lain, melalui forum OPD  ini, diharapkan dapat menjadi sarana urun rembuk membicarakan program dan pelayanan utamanya dilingkungan Dinas Pendidikan.””

 

Selain itu, Walikota Depok, KH.Dr. Muhammad Idris,M.A, Dalam sambutannya mengatakan, Forum OPD ini diharapkan dapat menghasilkan program dan kegiatan tahun 2018 yang mengarah pada peningkatan capaian dari target Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Depok tahun 2016–2021 di bidang Pendidikan, yakni :

  1. Meningkatnya akses layanan pendidikan dengan peningkatan daya tampung pendidikan dasar melalui pembangunan ruang kelas baru (rkb), serta sarana penunjang pembelajaran sehingga tercapai rasio ideal siswa/kelas (rombel) yakni 32 siswa/rombel untuk SD dan 36 siswa/rombel untuk SMP.
  2. Meningkatnya kualitas pendidikan kesetaraan melalui penyelenggaraan program kesetaraan paket A, B, C life skill dan paket C plus, serta peningkatan akses Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan harapan angka partisipasi kasar (APK) yang saat ini baru mencapai 56.06 % mampu mencapai 86.06 % pada tahun 2021 dengan peningkatan setiap tahunnya.
  3. Meningkatnya kualitas layanan pendidikan dengan penerapan Standar Nasional Pendidikan,
  4. Menguatnya pelaksanaan Kurikulum Nasional dan Muatan Lokal sehingga target rata-rata nilai Ujian Nasional sebesar 8.00 dapat tercapai,
  5. Akreditasi sekolah-sekolah yang ada di kota depok minimal memiliki akreditasi B.
  6. Adanya peningkatan kualitas tenaga pendidik dengan mendorong berkualifikasi S-1 sebesar 89.85 % .

 

Forum OPD sebagai sarana dua arah atau  wadah organisasi dalam memberikan ruang bagi masyarakat, stakeholders, lembaga dinas/ instansi terkait dalam berdiskusi dan bermusyawarah untuk menyusun dan merencanakan program kerja pembangun pendidikan untuk tahun 2018. Semoga semua rencana Kerja dan Program – program Dinas Pendidikan Kota Depok dapat terformulasi dengan baik dan tercapai tanpa adanya halangan yang berarti. Jayalah terus Pendidikan Kota Depok! (AI/)

WhatsApp Image 2017-02-16 at 9.02.13 AM