Pelayanan Pendidikan Selama Masa Pandemi COVID-19

Published by Dinas Pendidikan Kota Depok on

Pada Masa Pandemi Covid-19 ini, seluruh instansi dan lembaga Pemerintah menerapkan beberapa tatanan normal baru guna menghindari penyebaran Covid -19 , Tak terkecuali di Dinas Pendidikan.

Dinas Pendidikan memiliki unit pelayanan yang cukup beresiko tinggi mengingat ramainya lembaga atau masyarakat yang dinaungi dibawah Dinas pendidikan. Untuk Dinas Pendidikan kota Depok, sejak diberlakukannya tatanan normal baru, maka Akses Pelayanan masyarakat diberlakukan jadwal dan inovasi yang menggunakan akses telfon dan e-file serta kepengurusan dipecah untuk menghindari kerumunan menjadi kepengurusan per wilayah.

Layanan Dapodik misalnya, Disdik Depok memberikan layanan dapodik kepada sekolah untuk dapat mengakses layanan Dapodik di perwakilan sekolah dalam melayani Data pokok pendidikannya. Begitu pula dengan dengan pelayanan terkait aset, sarana prasarana sedapat mungkin ditinjau dan dikomunikasikan dengan cara virtual. Sedangkan untuk semua jenjang Sekolah diberlakukan Belajar dari Rumah atau BDR. Saat ini Dinas Pendidikan Kota Depok terus mengupayakan langkah -langkah strategis dalam menghindari dan menanggulangi wabah covid 19.

Didalam Kantor Dinas Pendidikan Kota Depok, diadakan Pola Pelayanan terpadu satu pintu didepan lobi Dinas Pendidikan Kota Depok lantai 4. Hal ini bertujuan untuk menghindari akses masuk kedalam kantor disebabkan maraknya klaster perkantoran diera penyebaran covid-19.

Terdapat beberapa Bidang yang melayani didepan pintu masuk Disdik Depok yang merupakan perwakilan setiap bidang, seperti:

Pelayanan Bidang SD, Bidang SMP, Bidang PAUD, Bidang Sekretariat dan Bidang Sapras.

Dinas Pendidikan berharap Pendidikan dan pelayanan Pendidikan tetap berjalan optimal meski keadaan dalam musibah dan wabah covid 19 dan berharap orangtua,guru , kepala sekolah, murid dan seluruh elemen masyarakat untuk dapat bekerjasama mencegah dan menanggulangi wabah covid -19.